5 Kuliner Khas Banten Paling Lezat: Wajib Dicoba

Posted on

Banten merupakan salah satu provnsi di pulau jawa yang terletak di bagian barat atau ujung kulon. Meskipun provinsi banten sudah dikenal banyak orang, namun hal tersebut nampaknya tidak dengan kuliner khasnya.  Kabar Banten kali ini banyak memberikan rekomendasi kuliner khas di sana cocok untuk kalian coba.

https://suarabantennews.com/

Selain terkenal dengan kerajaan kesultanan Banten,  provinsi ini juga memiliki segudang kuliner yang tak kalah nikmat. Berikut beberapa makanan  khas dari sana rekomendasi dari kabar Banten yang wajib anda coba ketika berkunjung kesana:

  1. Rabeg

Rabeg merupakan makanan yang terbuat dari daging dan dicampur dengan rempah-rempah berupa kapulangan dan bunga lawang. Daging yang digunakan dalam masakan ini bisa berupa daging sapi, kambung ataupun kerbau. Rabeg disajikan mirip dengan semur, yakni berkuah kecokelatan dan ketal dengan rasa manis gurih namun tetap segar.

  1. Angeun lada

Angeun lada memiliki arti ‘sayuran yang pedas’, namun meski demikian kuliner ini tidak menggunakan bahan utamaberupa sayuran lho. Makanan khas banten ini terbuat dari daging dengan kuah berupa daun walang. Kandungan minyak astiri pada dau lawang membuat angeun lada terasa unik dengan perpaduan gurih, pedas dan aroma yang kuat.

  1. Sayur besan

Sesuai dengan namanya, sayur ini sering disajikan pada saat acara lamaran, pernikahan atau besanan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sayur ala Betawi ini berupa tebu telur atau terubuk yang kini mulai sulit didapatkan. Sedangkan bahan-bahan pelengkapnya berupa kentang, wortel, daging sapi, bihu, buncis, ebi dan petai.

  1. Kue pasung merah

Nama pasung diambil dari wadah kue ini yang dibuat dari daun pisang dan berbentuk menyerupai pasung atau kerucut. Kue khas Banten ini tebuat dari campuran tepung sagu, tepung beras, gula merah dan santan. Adonan tersebut kemudian dikukus agar mendapatkan tekstur yang kenyal dengan aroma wangi daun pisang.

  1. Emping menes

Di Tangerang Banten juga terdapat camilan yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh yaitu kripik melinjo atau emping. emping ini biasanya juga dijadikan sebagai teman makan rabeg, nasi sum-sum dann lainnya. Namun perlu diketahui jika terlalu banyak menginsumsi emping ini bisa menimbulkan penyakit asam urat.

Nah itulah beberapa makanan yang paling sering dicari oleh para wisatawan saat berkunjung ke Banten. Dari beberapa makanan tersebut, mana nih yang paling enak untuk dicoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *